Memupuk Antusiasme Pemrograman untuk Anak-Anak Sejak Dini

Spread the love

 

TL;DR: Screencast yang Anda lihat di page ini, merupakan rekaman (yang kemudian saya narasikan) saat Kahfi saya bimbing menuliskan kode program untuk game-pertama-nya. Ini bukan sesi pertamanya dengan Python. Jadi, disini dia sudah mengerti cara membuat variabel, assignment operator, looping dan logic branching. Penggunaan PyCharm sangat disarankan, agar Anak bisa terbantu cepat bertualang di dunia Pemrograman.

Mungkin tidak, anak usia SD belajar programming?

Mungkin tidak, anak usia SD berpikir runut dan menggunakannya untuk menyusun kode program?

Mungkin tidak, anak-anak memiliki antusiasme ke koding, meski usaha koding itu membutuhkan konstetrasi yang lebih?

Bertahun-tahun saya berusaha mencari titik masuk bagi anak-anak agar bisa memiliki antusiasme yang dibutuhkan untuk memulai pemrograman. Mengapa antusiasme saya tekankan? Karena akan terlalu berat bagi anak-anak jika diberikan materi-materi pemrograman, jika dia tidak merasakan serunya pemrograman. Itu sama seperti anak lulusan SMA yang –entah mengapa– masuk ke jurusan IT, dan diminta belajar pemrograman. Sesek kan rasanya?

Saya tahu, saya harus mulai dari membuat anak-anak suka dengan Game. Ini, kerja yang ringa. Semua anak suka game. Namun kemudian, mengarahkannya ke programming, nah.. itu ternyata butuh waktu. Sambil lalu, selalu saya sampaikan, “Kalau bisa membuat koding, bisa membuat program sendiri lho”. Atau, “Minecraft ini ditulis pakai bahasa Java”. Atau, “Kita bisa lho, membuat game dengan Python”.

Akibatnya? Anak lama-lama merasa koding itu asyik. Still, membuat mereka mau meluangkan / disiplin belajar koding, ternyata butuh tahap terakhir dari negosiasi,

DiRT Rally

DiRT Rally: Negosiasi Koding sebelum Boleh Bermain Game

“Mau main Game DiRT Rally? Python dulu satu jam yaks!”

Dan berhasil..

Anda bisa mengikuti perkembangan course ini di repository: https://github.com/zanjaprogrammer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *